11 Mei 2009

Komputer Bawah Air




Pada zaman yang serba maju ini berbagai hal dapat dilakukan. Kalau dulu komputer hanya berbentuk PC saja dan hanya dapat digunakan di dalam rumah, sekarang sudah ada yang namanya laptop atau notebook, sebuah komuter mini yan dapat kita bawa kemana-mana. Seiring berkembangnya teknologi, mulai muncul komputer dengan fisik yang makin kecil dan lebih mobile. Sebut saja PDA atau Personal Digital Assistant, sebuah komputer mini, flexibel, dan sederhana, tetapi memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Nah, sekarang ada yang lebih ekstrim lagi, yakni komputer bawah air. Wuiih.. kalau biasanya alat-alat elektronik termasuk komputer rusak jika terkena air, sekarang justru ada komputer yang khusus digunakan di dalam air.

WetPC, sebuah komputer bawah air yang dikembangkan oleh Australian Institut of Marine Science (AIMS) adalah komputer pertama di dunia yang sanggup dioperasikan di bawah air. Komputer ini memiliki sebuah LCD display mini dengan 5 tombol graphical user interface (CGUI). WetPC ini diltekkan pada sebuah tempat anti air yan terpasang di atas tangki uadara penyelam. Sebuah kabel disambungkan dari komputer ini ke sebuah LCD display anti air yang dapat dilihat langsung oleh penyelam. Kabel lain terhubung ke sebuah keypad yang dipasang pada sabuk atau dada penyelam. Keypad yag digunakan disebut Kording, sebuah keypad yang terdiri dari 5-tombol. Cara menggunakannya mirip dengan memencet tombol-tombol piano. Sebuah fungsi dapat direpresentasikan dengan penekanan sebuah tombol atau dengan kombinasi dari beberapa tombol.
Fitur CGUI akan menampilkan tombol pada layar LCD sehingga penyelam tahu tombol mana yang ditekan.
Fitur ini sekaligus memudahkan user untuk mengetahui jari mana yang harus digunakan untuk menekan. Mengetik, menunjuk, dan memilih menu juga dapat dilakukan dengan fitur ini. Keren kan?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar