21 Mei 2009

Google Killer ?

google killer
Google, sebuah search engine yang sangat familiar di telinga kita. Tiap kali ingin cari bahan tugas atau suatu informasi dari internet, pasti buka google, ketik kata kuncinya dan jebret... muncul ratusan web yang berhubungan dengan apa yang kita cari. Google memang sebuah search engine yang paling populer untuk saat ini, bahkan Microsoft pun mengakuinya. Dalam bidang search engine, Microsoft jauh tertinggal dari Google dan Yahoo. Namun, dengan mengusai semantic teknologi, Microsoft berniat untuk membuat pesaing dari Google, sebuah search engine bernama "Kumo". Apa itu Kumo ?


Kumo adalah sebuah kombinasi dari Microsoft's Live Search search engine dan semantic Web technology. Semantic Web menyediakan framework yang memungkinkan data dapat di-share dan digunakan ulang melalui sebuah aplikasi, berdasar pada W3C, sebuah Web standar international consurtium. Umumnya, semantic web akan menambahkan struktur pada web searcher. User akan melihat pertambahan struktur seperti search result di tengah halaman web dan hierarki konsep atau atribut di sebelah kolom kiri. Kira-kira seperti inilah yang dapat dilakukan oleh Kumo.


Dari screenshot di atas terlihat Kumo terdiri dari 3 kolom dengan search result berada di kolom bagian tengah. Di bagian kiri terdapat beberapa selection yang berhubungan dengan topik yang kita cari serta sebuah history untuk memudahkan user kembali ke pencarian sebelumnya. Berbeda dengan search engine lain yang hanya menggunakan standar kategori seperti "images" atau "video", Kumo secara otomatis langsung mengkategorikan sesuai dengan topik - topik yang kita cari. Misal kita mengetik "The Beatles", di kolom sebelah kiri akan langsung muncul kategori music, lyric, biography, dan lain-lain, tiggal kita pilih sesuai keinginan kita.

Mendengar kata-kata "Kumo" terkesan berbahasa Jepang ya ?
Ya, karena memang "kumo" berarti 2 hal di bahasa Jepang, yakni "awan" dan "laba-laba". Hmm.. entah apakah ada hubungannya arti kata kumo dengan suatu capaian yang diinginkan Microsoft. Mungkin Microsoft ingin kumo menjadi searh engine yang membumbung tinggi di angkasa layaknya awan(hm,agak maksa sih..) atau ingin seperti laba-laba yang dapat menangkap mangsa dengan jaring-jaring yang lebar(hehe..). Namun, kabarnya "Kumo" belum menjadi nama yang pasti untuk search engine ini. Ada beberapa usulan nama lain seperti Bing, Kiev, dan Hook.

Microsoft menganggap Kumo sebagai "google killer", setidaknya seperti itulah menurut analisis Rob Enderle dari Enderle Group. "Kumo bakal menggunakan teknologi Microsoft's Live Search dan kemampuan semantic Web Search, yang diprediksi akan menjadi era baru dalam teknologi search engine". "Secara tidak kita sadari semantic web perlahan-lahan telah berkembang di sekitar kita, hanya kita belum menyadarinya", tambahnya.

Search engine ini cukup bersaing dengan sistem pencarian lainnya. Berdasarkan data dari Nielsen Online, dalam pasar ini Microsoft memiliki andil sekira 10,3 persen untuk pasaran Amerika, sementara Yahoo sebesar 15,8 persen. Sementara itu posisi tertinggi masih ditempati oleh Google yang memiliki andil di pasaran sebesar 64,2 persen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar